Selasa, 10 Februari 2015

Alpukat Untuk Kesuburan Wanita dan Kelancaran Menstruasi

Buah Alpukat buat Menstruasiku Lebih Lancar


Well, post kali ini lebih khusus untuk kamu-kamu para perempuan cantik yang tentunya mendambakan untuk menjadi seorang ibu suatu saat nanti. Sebagai seorang perempuan yang belum menikah, aku punya satu kekhawatiran dan kayaknya banyak yang mengalami apa yang aku rasakan. Apakah kita subur? Apakah nanti kita bisa punya anak? Jujur, sampai umurku yang menginjak 28 tahun ini, kekhawatiran itu makin besar karena perempuan punya tenggat waktu "kesuburan" alias kemampuan untuk punya anak. Semakin usia bertambah, peluang untuk memiliki keturunan semakin menipis.

Nah, kadangkala kekhawatiran itu makin menjadi kalau pas telat datang bulan atau kalau jumlah darah ketika menstruasi menurun. Yang biasanya selesai dalam 6-7 hari, eh kok bulan ini 5 hari sudah selesai. Yup, paniklah pasti dan mulai berpikiran yang tidak-tidak. Beberapa kali aku mencari informasi mengenai siklus menstruasi yang normal termasuk jumlah darah yang keluar selama menstruasi. Jadi, darah yang keluar selama menstruasi itu adalah merupakan hasil peluruhan sel telur yang tidak dibuahi dan juga dinding rahim. So, bisa jadi apabila jumlah darah yang keluar lebih sedikit dari biasanya maka jumlah sel telur yang dihasilkan beberapa hari sebelumnya tidak sebanyak bulan kemarin. 

Dalam 3 tahun ini, aku mulai memperhatikan secara cermat siklus menstruasiku dan aku termasuk dalam golongan orang yang siklus menstruasinya sangat terpengaruh oleh makanan dan gizi yang dikonsumsi. Tapi, tidak semua perempuan seperti aku sebab banyak juga yang tidak terlalu terpengaruh oleh makanan dan gizi. Berhubung gizi dan nutrisi yang kukonsumsi sedikit banyak berpengaruh pada tingkat kesuburanku makanya dalam setahun ini aku sangat menjaga asupan makanan. Dari beberapa jenis makanan bergizi yang aku rutin konsumsi, ada satu sumber gizi yang bisa memberikan pengaruh yang besar pada siklus menstruasiku. Yup, itu adalah buah ALPUKAT!

Tahu kan buah alpukat? Buah yang enak dan mengenyangkan itu. Ternyata, usut punya usut, alpukat punya kandungan luar biasa bagi tubuh terutama untuk menjaga kesuburan pria dan wanita. Nah, aku sendiri pernah membuktikannya. Pada hari pertama menstruasi, aku mulai konsumsi buah alpukat setidaknya dua hari sekali. Aku mengkonsumsi satu buah alpukat yang biasa kucampur dengan susu kental manis agar lebih terasa enak. Kebiasaan ini aku lakukan selama sekitar 2 minggu. Lalu, darimana aku bisa tahu kalau alpukat menjaga tingkat kesuburanku?
  1. Kalian tahu kan pasti salah satu tanda wanita sedang dalam masa subur? Yup, salah satunya ada keluar lendir bening, kental namun tidak berbau dan tidak menyebabkan gatal di alat vital wanita. Beda dengan keputihan yang bau dan bikin gatal. Ketika aku mulai mengkonsumsi alpukat secara rutin pada hari pertama menstruasi periode sebelumnya, lendir itu mampu dihasilkan oleh organku dan dalam jumlah yang cukup banyak. Biasanya lendir itu datang sekitar 10-20 hari setelah hari pertama menstruasi. Pada bulan berikutnya, aku mencoba untuk tidak mengkonsumsi alpukat dan 10-20 hari setelah hari pertam menstruasi, aku tidak mendapati lendir itu dihasilkan oleh organ vitalku.
  2. Bukti kedua yang sudah aku lihat sendiri adalah jumlah darah menstruasi yang keluar. Apabila sebelumnya aku mengkonsumsi alpukat secara rutin, maka jumlah darah yang keluar cukup banyak dan memerlukan waktu sekitar 6 hari untuk tuntas. Sebaliknya, ketika aku tidak mengkonsumsi alpukat sama sekali atau hanya sedikit, jumlah darah yang keluar juga sedikit dan dalam waktu 4 hari saja menstruasiku sudah selesai.
Memang secara medis aku belum pernah membahas ini dengan dokter yang ahli, tapi aku pribadi memang meyakini kalau alpukat ini buah yang luar biasa untuk kesuburan wanita. Nih, sebagian informasi medis dari ahli terkait kandungan buah alpukat.
  • Kandungan lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kesuburan dengan menurunkan peradangan dalam tubuh. Berbeda dengan lemak jenuh yang jahat bagi tubuh, asam lemal tak jenuh yang terkandung di dalam alpukat justru sangat bermanfaat loh
  • Kandungan 18 asam amino esensial untuk membentuk protein lengkap
  • Kandungan karoteoin untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi
Sebuah penelitian juga dilakukan terhadap pasangan yang mencoba program bayi tabung. Pasangan yang mengkonsumsi buah alpukat secara rutin mempunyai peluang keberhasilan yang lebih besar dalam program bayi tabung. Dahsyat kan manfaat alpukat? Apalagi kalau dicampur dengan konsumsi minyak zaitun dan kacang-kacangan, manfaat yang dirasakan akan semakin besar. Meskipun tidak ada siapapun yang bisa menjamin seratus persen mengenai efek alpukat untuk kesuburan tapi tidak ada salahnya kan untuk mencoba? Toh, alpukat juga sudah terbukti punya segudang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. 

Happy healthy living!

9 komentar:

  1. iya... aku juga lagi rutin konsumsi alpukat.
    selain manfaat kesehatannya, tp juga utk kecantikan.
    jusnya diminum, dan bisa juga untuk maskeran dan luluran. all in one dech.. :)

    BalasHapus
  2. Mba lebih baik nya klo d jus d campur gula gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ijin jawab aja ,
      Setahu Saya, Sebaiknya makan/minum buah tidak ditambah dgn gula (pasir).

      Hapus
  3. Bagus gak ka lw lgi datang bulan makan buah alpukat .

    BalasHapus
  4. iya ini aku juga lagi rutin konsumsi buah alpukat.mudah2an cepat dpt momongan yang ke 2

    BalasHapus
  5. Semoga q juga cepet dapat momongan

    BalasHapus
  6. Aku cari info ini karna aku udh ngerasain perubahannya, ternyata bukan cuma aku yg ngerasain perubahannya

    BalasHapus
  7. Boleh nanya, tentang biji alpukat, aoakah bagus untuk seseorang yg sedang haid?, karna saya pernah melihat hal tersebut, biji alfukat di sedukan dengan air hangat. Trima kasih sebelumnya🙏

    BalasHapus